RSS

Pages

Manajemen dan Manager


MANAJEMEN DAN MANAJER

LITERATUR :
1.       Manajemen (Jilid 1 dan Jilid 2) > Harold Koontz/Cyril O’Donnel/Heinz W.
2.       Manajemen > Richard L. Daft
3.       Manajemen  > James A.F. Stoner/Charles Wankel
4.       Manajemen > T. Hani Handoko
5.       Prinsip Dasar Manajemen > Indriyo Gitosudarmo

MATERI :
1.       Pendahuluan
2.       Manajemen dan Manajer
3.       Manajer dan lingkungan Eksternal Organisasi
4.       Perencanaan Strategis
5.       Pengorganisasian
6.       Koordinasi dan Rentang Manajemen
7.       Wewenang dan Delegasi
8.       Penyusunan Personalia
9.       Motivasi
10.   Komunikasi
11.   Kepemimpinan
12.   Manajemen Konflik
13.   Pengawasan

 MANAJEMEN dan MANAJER

MANAJER à setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya
Manajer diklasifikasikan menjadi 2, yaitu :
  1. Menurut tingkatannya :
* Tinggi (Top Manager) ialah Sekelompok kecil eksekutif yang mengelola keseluruhan organisasi, mereka menciptakan tujuan organisasi, strategi pencapaian dan kebijakan operasional (CEO, Pres Dir, Wk)
*Menengah (Middle Managers) ialah Kelompok manajer yang paling banyak dlm organisasi, bartanggung jawab untuk mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang dikembangkan oleh manajer puncak serta untuk mengevaluasi, supervisi  dan mengkoordinasikan pekerjaan manajer bawahannya.
*Bawah (First-Line Managers) ialah Mengawasi/supervisi dan mengkordinasikan aktifitas karyawan .
  1. Menurut tanggungjawab dalam organisasi :
                * Manajer Umum (General Manager)                                                                                                            
                * Manajer Fungsional (Functional Manager)

Manajer menurut pembagian Tugas
1.       Marketing Managers
Bekerja pada bidang yang berhubungan dengan fungsi pemasaran (pengembangan produk baru, promosi, distribusi, jaringan klien, konsumen)
2.       Financial Managers
Terutama berhubungan dengan pengelolaan sumber daya keuangan (acounting, manajemen kas, investasi)
3.       Operations Managers
Berurusan dengan penciptaan dan pengelolaan sistem yang menciptakan produk / jasa perusahaan (pengendalian produksi, pengendalian persediaan, pengendalian kualitas, lay out pabrik dan pemilihan lokasi)
4.       Human Resource Managers
Bertanggung jawab untuk menerima dan mengembangkan karyawan ( human resource planning, recruiting and selecting employees, training and development, designing compensation and benefit systems, formulating performance appraisal systems, and discharging low-performing employees.)
5.       Administrative Managers
Lebih bersifat umum, akrab dengan semua bidang manajemen dari pada berspesialis pada satu bidang .
6.       Other Kinds of Managers
Sesuai dengan bidang usaha/tujuan organisasi (public relations managers etc). 

Peran manajerial menurut H.Mintzberg
·         Interpersonal Roles → Figurehead, leader, and liaison roles involve dealing with other people.
·         Informational Roles → Monitor and spokesperson roles involve the processing of information.
·         Decisional Roles → Entrepreneur, disturbance handler, resource allocator, and negotiator are managerial roles primarily related to making decisions.
Managerial Skills
  1. Technical
Keahlian yang diperlukan untuk menyelesaikan atau memahami jenis kerja tertentu yang dilakasanakan dalam suatu organisasi
  1. Interpersonal
Kemampuan untuk memahami, memotivasi dan berkomunikasi dengan individu maupun kelompok
  1. Conceptual
Kemampuan untuk memahami dan memandang organisasi sebagai satu kesatuan. Bagaimana semua bagian dlm  organisasi bisa berjalan bersama melalui keputusan yang berbasis pada kepentingan keseluruhan organisasi
  1. Diagnostic
Keahlian untuk memvisualisasikan jawaban yang paling sesuai untuk situasi tertentu
5.    Communication
Kemampuan manajer utk mengirimkan ide dan informasi secara efektif kpd orang lain  dan menerima ide dan informasi dari orang lain
6.    Decision-Making
Kemampuan manajer untuk mengenali dan mendefinisikan masalah dengan benar dan kemudian menentukan satu tindakan yang tepat untuk memecahkan masalah tsb.
7.    Time-Management
Keahlian  manajer utk memprioritaskan pekerjaan , mengendalikan waktu bekerja secara efisien  mendelegasikan pekerjaan secara tepat

Apakah yang dilakukan manajer?
  1. Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain
  2. Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas
  3. Manajer bertanggungjawab dan mempertanggungjawabkan
  4. Manajer harus berpikir secara analistis dan konseptual
Tugas-Tugas penting Manajer
1.       Manager bekerja dengan dan melalui orang lain
2.       Manager memadukan dan meteimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan
3.       Manager bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan
4.       Manager harus berfikir analitis dan konseptual
5.       Artinya bekerja tidak dengan cara semberono
6.       Manager adalah seorang politisi
7.       Manager harus menjadi seorang diplomat
8.       manager adalah seorang mediator
9.       manager mengambil keputusan-keputusan yang sulit.

Manajemen sebagai suatu proses
1.       Menurut  HENDRY   FAYOL Fungsi Dasar Manj. Ada 5 :
o   Planing
o   Organizing
o   Commanding
o   Coordinating
o   Controling

2.       Menurut LUTHER GULICH
o   Planing
o   Organizing
o   Staffing
o   Directing
o   Coordinating
o   Reforting
o   Controling

3.       Menurut GEORGE TERRY
o   Planing
o   Organizing
o   Actuating
o   Controling


Proses Managemen di lihat dari proses fungsi-fungsinya
1.Planing
o   Apa yang harus kita lakukan
o   Dimana harus kita lakukan
o   Kapan kita lakukan
o   Bagai mana cara melakukan
2.Organizing
o   Siapa yang akam menaksanakan, apa ?
o   Dengan wewenang bagaimanakah ?
o   Dalam keadaan bagaimanakan ?
3.Actuating
o   Dimana disini kita mengusahakan agar para pekerja suka mengerjakan dengan sikap profesional
4.Controling
o   Mengikuti pertanyaan sesuai dengan perencanaan jika terjadi penyimpangan kita ambil tindakan koreksi

Managemen dilihat dari prosesnya
1.Planing
           Penentuan tujuan organisasinya
          Bagaimana strategi dari suatu organisasi, bagaimana kebijakan kita, proyek program, prosedur, budget (biaya) standard (ukuran

Kebaikan :
          Kegiatan tersebut berjalan dengan baik atau konsisten
          Organisasi dapat mengikat sumber-sumber daya
          Kemajuan dapat kita monitor
2.Ogranizing (Pengorganisasian Adalah sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan.
          Perancangan system
          Penugasan tanggung jawab
          Pendelegasian wewenang  (delegation of outority)
3.Staffing (Penyusunan personalia)
          Penarikan pegawai (Recrutment)  dan Seleksi
                Test tertulis
                Psicho test
                Interview
                Media test
          Training and development
          Penepatan dan orientasi (pengenalan lingkungan
4.Controling (Pengawasan)
          Semua fungsi yang tergabung tidak akan efektif tanpa fungsi pengawasan atau sekarang banyak digunakan istilah pengendalian

Ø  Pengawasan adalah Penemuan dan penerapan cara dan prasarana untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan
Ø  Pengawasan positif : Mencoba untuk mengetahui apakah tujuan organisasi di capai dengan efisien dan efektif
Ø  Pengawasan Negatif : Mencoba untuk menjamin bahwa kegiatan yang baik dibutuhkan tidak terjadi / terjadi kembali






0 komentar:

Posting Komentar