RSS

Pages

Teknologi Informasi


TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi adalah alat yang digunakan manusia untuk membantu atau mempermudah aktivitas sehari-hari ,Sedangkan informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari bunyi, tulisan ataupun simbol[1], yang memiliki makna dan dapat ditafsirkan.
Teknologi informasi adalah alat yang digunakan manusian untuk menyampaikan pesan yang didapat .

Ø  Perkembangan Teknologi Informasi dimulai dari :
1.       Bahasa
2.       Gambar dan 
3.       Tulisan
4.       Computer dan media lainnya .

PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI INFORMASI
  1. Teknologi masukan (input technology), teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data-data yang dibutuhkan.
  2. Teknologi keluaran (output technology), peralatan berfungsi  menyajikan informasi hasil pengolahan dari data-data yang dimiliki.
  3.  Teknologi perangkat lunak (software) adalah program aplikasi yang digunakan untuk memberikan komputer kemampuan dalam melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki penggunanya.
  4.  Teknologi penyimpanan, adalah alat yang berfungsi sebagai penyimpanan data dan informasi yang dimiliki.
  5.  Teknologi pemroses (processing machine), alat yang digunakan untuk memproses data dan informasi. Teknologi ini lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit), mikroprosesor, atau prosesor.


FUNGSI TEKNOLOGI INFORMASI

1.       Capture ialah Menangkap fakta-fakta yang terkait dengan pengetahuan yang diharapkan pengguna.
2.       Processing ialah Mengubah, menganalisis, menghitung dan mengumpulkan semua bentuk data atau informasi.
3.       Generation ialah Proses menata informasi ke dalam bentuk yang bermanfaat.
4.       Storage ialah Penyimpanan data atau informasi.
5.    Retrieval ialah Proses penempatan salinan data untuk pengolahan lebih lanjut atau untuk ditranmisikan ke pengguna lain.
6.       Transmission ialah Mendistribusikan informasi melalui jaringan komunikasi.

MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi informasi memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia maupun organisasi atau perusahaan.Teknologi Informasi digunakan untuk:
1.  Mengurangi komplesitas tugas manajemen, fungsi dari manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian mereka membutuhkan informasi sebagai landasan menjalankan fungsinya tersebut.
2.    Pengaruh globalisasi. memperluas pasar mereka ke luar negeri membuat kebutuhan akan informasi banyak mengenai pasar baru yang akan mereka masuki.
3.    Perlunya response time cepat. Penggunaan TI dalam penanganan pasien di rumah sakit dengan menggunakan alat bantu TI
4.   Tekanan persaingan bisnis. Dalam persainmgan bisnis TI sangat dibutuhkan karna dengan adanya TI informasi yang didapat sangat relevan jika tidak ada TI informasi akan sulit didapatkan .



0 komentar:

Posting Komentar