RSS

Pages

Pandangan Klasik dan Keynes


Dosen                   : ibu Noveria Susiawati SE,MM
Materi                  : Pengantar Ilmu Ekonimi Makro
Tanggal                 : 10 oktober 2012

Penentuan Tingkat Kegiatan Ekonomi Negara : pandangan Klasik dan Keynes
1.       Pandangan Klasik
Menurut  klasik : dalam suatu perekonomian yang diatur mekanisme pasar , tingkat penggunaan tenaga kerja penuh ( full employment ) akan selalu tercapai .

Pandangan ini didasrakan pada keyakinan bahwa dalam perekonomian tidak pernah terdapat kekurangan permintaan . keyakinan ahli ekonomi klasik bahwa S akan selalu menciptakan D , dapat dilihat dengan jelas dari pandannan Jean Bapatise Say ‘ supply creates it’s own demand ‘ . menurutnya dalam perekonomian jarang sekali terjadi masalah kelebihan produksi , masalah kelebihan produksi adalah masalah sementara karena mekanisme pasar akan membuat penyesuaian . dalam suatu perekonomian sering sekali terjadi kedudukan dimana jumlah keseluruhan barang dalam perekonomian ( S agregat ) penggunaan ekonomi penuh akan selalu diimbangi oleh keseluruhan ( D agregat ) terhadap barang tersebut yang sama besarnya , oleh karnanya kekurangan D tidak akan berlaku .

Menurut Pandangan klasik bahwa Pengangguran bersifat sementara , hal ini didasarkan pada 2 keyakinan :
1.       FLEKSIBILITAS TINGKAT BUNGA
Fleksibilitas tingkat bunga akan menjamin keseimbangan antara penawaran agregat gan permintaan agregat pada saat penggunaan tenaga kerja penuh .

2.FLEKSIBILITAS TINGKAT UPAH
Fleksibilitas tingkat upah akan menciptakan keadaan dimana permintaan tenaga kerja dan penawaran tenaga kerja mencapai keseimbangan padasaat pengunaan tenanga kerja penuh

2.       Pandangan Keynes
Menurut Keynes : bahwa tingkat kegiatan ekonomi suatu Negara ditentukan oleh besarnya D efektif . permintaan yang disertaii oleh kemampuan untuk membayar barang dan jasa yang terjadi dalam perekonomian .

Bertambah besarnya permintaan (D) efektif yang terjadi dalam perekonomian , bertambah besar dalam tingkat produk yang akan dicapai oleh sector perusahaan . keadaan ini dengan sendirinya akan menyebabkan pertambahan dalam tingkat kegiatan ekonomi dan penggunaan factor-faktor produksi .

Corak Kegiatan Ekonomi Subsisten :

Sirkulasi aliran Pendapatan dalam Ekonomi Subsisten








Corak Kegiatan Ekonomi Modern :
Sirkulasi aliran Pendapatan Ekonomi Modern


Klasik : D agregat yi C + I akan selalu sama dengan nilai seluruh produk yang diciptakan oleh sector perusahaan .
D agregat pada FE  = S agregat pada FE

0 komentar:

Poskan Komentar