RSS

Pages

I-Commer & I-Business


LGO1.JPG
 1.               PENGERTIAN E-COMMERCE

Ø  E-Commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.
Ø  E-commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan pedagang barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Ø  E-commerce merupakan transaksi perdagangan yang dilakukan lewat internet.

2.               SEJARAH E-COMMERCE
            Berness-Lee, adalah seorang ilmuwan komputer yang menemukan sistem pengkodean (Hyperteks Markup Language atau HTML), Lingkage, dan skema alamat (URL) yang memulai debutnya pada tahun 1991 sebagai world wwide web (WWW) yang didominasi oleh grafis dan multimedia.
            Lahirnya web yang difasilitasi oleh pertumbuhan dan kian canggihnya data base, telah mendorong terbentuknya e-commerce atau elektronik commerce, yakni pembelian dan penjualan produk dan jasa mealui jaringan komputer. E-commer  membentuk kembali keseluruhan industri dan mengubah hal paling mendasar dari sebuah perusahaan.
            Dua e-firm (situs) terkemuka adalah Amazon.com, yang menjual buku dan barang lainnya, dan Priceline.com, tempat anda bisa menyebutkan harga yang tbersedia anda bayarkan untuk tiket pesawat dan kamar hotel.
3.    MANFAAT E-COMMERCE
1.   Memperpendek jarak
2.   Perluasan pasar
3.   Perluasan jaringan mitra kerja
4.   Biaya terkendali
5.   Efisien
6.   Cash flow terjamin
7.   meningkatkan citra perusahaan,
8.   meningkatkan layanan konsumen,
9.   menyederhanakan proses,
10. meningkatkan produktivitas,
11. mempermudah akses informasi,
12. mengurangi biaya transportasi dan
13. meningkatkan fleksibilitas.
4.    KEUNGGULAN E-COMMERCE
1.    Biaya operasional berkurang
2.    Meningkatkan kualitas pelayanan
3.    Memperbesar aliran pendapatan baru
4.    Meningkatkan pangsa pasar
5.    Melebarkan jangkauan pasar
5.   KENDALA E-COMMERCE
1.   Belum adanya budaya high trust di masyarakat
2.   Sarana belum memadai
3.   Skill SDM masih rendah
4.   Layanan pendukung masih minim (transportasi, teknologi perbankan, dll)
5.   Banyaknya kasus kejahatan di internet
6.   Harga di internet tidak bisa ditawar
7.   Barang tidak dapat dipegang

6.   RESIKO PADA E-COMMERCE
1.     Kehilangan finansial secara langsung
2.     Pencurian informasi rahasia
3.     Kehilangan kesempatan bisnis
4.     Akses ke sumber oleh yang tidak berhak
5.     Hilang kepercayaan dari konsumen
6.     Kerugian-kerugian yg tidak terduga
7.    MENURUNKAN BIAYA TRANSAKSI
Biaya transaksi merupakan biaya yang dikeluarkan dalam membuat sebuah pertukaran ekonomi.
Dengan e-commerce kita dapat menurunkan biaya transaksi karena dapat mengefesiensikan waktu, tenaga dan biaya.
9.    MENGIKLANKAN,MEMBELI , MENUKAR BARANG dan JASA di SELURUH DUNIA
 Secara sederhana memasarkan dan mengiklankan produk lewat internet berarti memajang, menceritakan atau mendeskripsikan produk tersebut, atau membangkitkan keinginan orang akan produk yang ditawarkan.
Caranya bisa dengan menuliskannya, atau menyertakan gambar, audio atau video tentang produk yang ditawarkan di internet, dalam hal ini adalah di website.
10.           PENGERTIAN E- BUSINESS
E-business merupakan suatu istilah yang digunakan untuk memberi nama pada kegiatan bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet.
11.            TIPE E-BUSINESS
E-Commerce sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu:
  • Business to Business (B2B)
  • Business to Customer (B2C)
  • Consumer to Consumer (C2C)






Perbedaan antara B2B dan B2C
B2B
B2C
§  Tidak melibatkan banyak orang
§  Orang yang terlibat dalam transaksi sudah terlatih dalam penggunaan SI
§  Situs untuk B2B tidak terlalu rumit
§  Pembayaran ada dalam sistem terpisah dari sistem e-commerce
§  Memerlukan perbedaan desain yang mendasar
§  Tidak semua konsumen memiliki keahlian TI
§  Situs perusahaan memiliki instruksi yang jelas dan membantu konsumen

                                                                                      

1O. CARA MENINGKATKAN TRANSAKSI BUSSINES TO BUSSINES
1. Sistem antar Organisasi
2. Pertukaran data secara elektronik
3. Ekstranet
4. Transfer data secara elektrik

Era e-business telah mengakibatkan perubahan-perubahan yang cukup mendasar dalam perusahaan bisnis pada umumnya. Perubahan tersebut antara lain:
-         Pemasaran dapat dilakukan secara luas dengan tingkat kompetisi yang lebih tinggi
-         Pertumbuhan dan perkembangan industri dan perusahaan sangat bergantung pada informasi dan pengetahuan
-         Produktivitas lebih ditekankan daripada formalitas kehadiran di tempat kerja
-         Produk-produk dan layanan baru dapat dijumpai dalam komunitas e-business, tetapi usia produk menjadi sangat pendek
-         Struktur organisasi menjadi flat dan meningkatkan fleksibilitas serta penekanan biaya
-         Kerja tim lebih ditekankan untuk memberi respon atau melahirkan inovasi-inovasi baru.
Macam-macam e-product
-          Produk informasi dan hiburan. Misalnya: koran, majalah, jurnal, poster, gambar, film, lagu dll
-          Produk simbol. Misalnya tiket pesawat, tiket kereta, tiket konser musik, tiket bioskop, reservasi hotel, dll
-          Produk jasa. Misalnya: pendidikan, konsultasi jarak jauh, dll
-          Produk barang. Misalnya: buku, bunga, kosmetik, komputer, dll
-          Produk keuangan. Misalnya: tabungan, transaksi perbankan, asuransi dll.
Manfaat e-business:
-          Memperpendek jarak
-          Perluasan pasar
-          Perluasan jaringan mitra kerja
-          Biaya terkendali
-          Efisien
-          Cash flow terjamin
-          Manfaat lainnya : meningkatkan citra perusahaan, meningkatkan layanan konsumen, menyederhanakan proses, meningkatkan produktivitas, mempermudah akses informasi, mengurangi biaya transportasi dan meningkatkan fleksibilitas.
Keunggulan e-Business
-          Efisiensi (pengurangan tenaga kerja)
-          Without boundary (tdk terbatas)
-          24 jam online
-          Interaktif
-          Hyerlink (saling berhubungan)
-          No cencorship
Kendala e-business di Indonesia
-          Belum adanya budaya high trust di masyarakat
-          Sarana belum memadai
-          Skill SDM masih rendah
-          Layanan pendukung masih minim (transportasi, e tknologi perbankan, dll)
-          Banyaknya kasus kejahatan di internet
-          Harga di internet tidak bisa ditawar
-          Barang tidak dapat dipegang






0 komentar:

Posting Komentar