KECERDASAN BUATAN
1.
Pengertian Kecerdasan Buatan
§ Suatu cara yang sederhana untuk
membuat computer dapat “berfikir” secara intelegent.
§ Bagian dari ilmu computer yang
mempelajari perancangan system computer yang intelegent, yaitu suattu system
yang memperlihatkan karakteristik yang ada pada tingkah laku manusia, seperti
mengerti suatu bahasa, mempelajari, mempertimbangkan dan memecahkan suatu
masalah.
§ Suatu studi bagaimana membuat
computer dapat mengerjakan sesuatu, yang pada saaat ini, orang dapat mengerjakan
lebih baik.
§ Bidang ilmu computer yang
memmungkinkan untuk memahami, bernalar dan bertindak.
2.
Definisi Kecerdasan Buatan
§ H.A. Simon (1987) :
“ Kecerdasan buatan
merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi yang terkait dengan
pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia
adalah-cerdas .”
§ Rich and Knight (1991):
“ kecerdasan buatan
merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat computer melakuakan hal-hal
yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”
§ Encyclopedia Britannica:
“
kecerdasan Buatan merupakan cabang dari ilmu computer yang dalam merepresentasi
pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk symbol-simbol daripada bilangan,
dan memperoses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan
sejumlah aturan.”
3.
Tujuan Kecerdasab Buatan menurut Winston dan
Predergast (1984):
1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (
tujuan utama )
2. Memahami apa itu kecerdasan ( tujuan
ilmiah )
3. Membuat mesin lebih bermanfaat (
tujuan entrepreneurial )
Tujuan Kecerdasan Buatan
Ø Untuk mengembangkan metode san
system untuk menyelesaikan masalah, masalah yang biasa diselesaikan melalui
aktifitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra, perencanaan,
peramalan dll, meningkatkan kinerja system informasi yang berbasis computer.
Untuk meningkatkan pengertian/pemahaman kita pada bagaimana otak manusia
bekerja.
4. “ Artificial Intelligence” dapat
dipandang dalam berbagai perspektif
§ Dari Perspektif kecerdasan
(intelligence)
AI
adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang
sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.
§ Dari Perspektif Bisnis ( business )
AI
adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang
menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
§ Dari Perspektif Pemrograman (
programming )
AI
termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan
masalah, proses pencarian .
-
Umumnya
programan AI lebih focus pada symbol-simbol daripada pemrosesan numeric (huruf,
kata, angka untuk mempresentasikan obyek, proses dan hubungannya)
-
Pemecahan
masalah -> pencapaian tujuan
-
Search
-> jarang mengarah langsung ke solusi. Proses search menggunakan beberapa
teknik.
-
Bahasa
p[emrograman AI:
v LISP, dikembangkan awal tahun
1950an, bahsa pemrograman pertama yang diasosiasikan dengan AI.
v PROLOG, dikembangkan pada tahun
1970an.
v Bahasa pemrograman berorientasi
objek
§ Dari Perspektif Penelitian
(research)
Riset
tentang AI dimulai pada awal tahun 1960an, percobaan pertama adalah membuat
program permainan(game) catur,membuktikan teori dari general problem solving
(untuk tugas-tugas sederhana) . “Artifical Intelligence adalah nama pada akal
dari studi area.
4.
Domain Penenlitiandalam Kecerdasan Buatan
§ Formal tasks (matematika,games)
§ Mundane task ( perception, robotic,
natural language, common sense, reasoning)
§ Expert tasks (financial analysis,
medical diagnostics, enginecring, scientific analysis)
Permainan (game)
-
Kebanyakan
permainan dilakukan dengan menggunakan sekumpulan aturan
-
Dalam
permainan digunakan apa yang disebut dengan pencarian ruang
-
Teknik
untuk menentukan alternative dalam menyimak problema ruang merupakan sesuatu
yang rumit
-
Teknik
tersebut disebut dengan heuristic
-
Permainan
merupakan boding yang menarik dalam studi heuristic
Natural language
Suatu teknologi yang memberikan
kemampuan kepada computer untuk memahami bahasa manusia sehingga pengguna
computer dapat berkomunikasi dengan computer dengan menggunakan bahasa
sehari-hari
Robotic dan Sistem Sensor
System sensor, seperti system
vision, sisitem tactile,dan sisitem pemrosesan sinyal jika dikombinasikan
dengan AI, dapat dikategorikan kedalam suatu system yang luas yang disebut
sisitem robotic.
Expert System
System pakar adalah program
penasehat berbasis computer yang mencoba meniru proses berfikir dan
pengetahuan. Dari seorang pakar dalam menyelesaikan masalah-masalah spesifik.
5.
Konsep dan Definisi dalam Kecerdasan Buatan
1. Turing test- Metode Pengujian
Kecerdasan
·
Turing
Test merupakan sebuah metode pengujian kecerdasan yang dibuat oleh Alan Turing
·
Proses
uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) dan dua obyek yang ditanyai. Yang
satu adalah seorang manusia dan satunya adalah sebuah mesin yang akan diuji
·
Penanya
tidak bias melihat langsung kepada obyek yang ditanyai
·
Penanya
diminta untuk membedakan mana jawaban computer dan mana jawaban manusia
berdasarkan jawaban kedua obyek tersebut
·
Jika
penanya tidak dapat membedakan mana jawaban computer dan mana jawaban manusia
berdasarkan jawaban kedua obyek tersebut.
·
Jika
penanya tidak dapat membedakan mana jawaban mesin dan mana jawaban manusia maka
turing berpendapat bahwa mesin yang diuji tersebut dapat diasumsikan CERDAS
2. Pemrosesan simbolik
·
Computer
semula didesain untuk memproses bilangan/angka-angka (pemroses numeric)
·
Sementara
manusia dalam berfikir dan menyelesaikan masalah lebih bersifat simbolik, tidak
didasarkan kepada sejumlah rumus atau melakukan komputasi matematis.
·
Sifat
penting dari AI sdslsh bahwa AI merupakan bagian dari ilmu computer yang
melakukan proses secara simbolik dan non-algoritmik dalam penyelesaian masalah.
3. Heuristic
·
Istilah
heuristic diambil dari bahasa yunani yang berarti menemukan
·
Heuristic
merupakan suatu strategi unutk melakukan proses pencarian (search) ruang
problema secara selektif, yang memandu proses pencarian ynag kjita lakukan
disepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar.
4. Penarikan kesimpulan (inferencing)
·
AI
mencoba membuat mesin memiliki kemampuan berfikir atau mempertimbangkan
(reasoning)
·
Kemampuan
berfikir termasuk didalmnya proses penarikan kesimpulan b erdasarkan
fakta-fakta dan aturan dengan menggunakan metode heuristic atau metode
pencarian lainnya.
5. Pencocokan Pola (Patern Matching)
·
AI
bekerja dengan metode pencocokan pola yang berusaha untuk menjelaskan obyek,
kejadian atau prosses, dalam hubungan logic atau komputasional.
6.
Perbandingan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan
Alamiah
Keuntungna
Kecrdasan Buatan dibandingkan Kecerdasan Alamiah :
1. Lebih permanen
2. Memberikan kemudahan dalam duplikasi
dan penyebaran
3. Relatiflebih murah dari kecerdasan
alamiah
4. Konsisten dan teliti
5. Dapat didokumentasi
6. Dapat ,engerjakan beberapa task
denga lebih cepat dan lebih baok disbanding manusia
Keuntungan Kecerdasan Alamiah
dibandingkan Kecerdasan Buatan :
1. Bersifat lebih kreatif
2. Dapat melakukan proses pembelajarann
secaralangsung, sementara AI harus mendapatkan masukan berupa symbol dan
representasi- representasi
3. Focus yang luas sebagai referansi
untuk pengambilan keputusan sebaliknya AI menggunakan focus yang sempit.
Computer dapat digunakan untuk
Mengumpulkan informasi tentangobyek, kegiatan, proses dan dapat memproses
sejumlah besar informasi dengan lebih efisien dari yang dapat dikerjakan
manusia.
Manusia dapat menggunakan insting
dapat melakuakn hal yang sulit untuk deprogram pada computer, yaitu: manusia
dapat mengenali hubungan antara hal-hal tersebut, menilai kualitas dan
menemukan pola yang menjelaskan hubungan tersebut.
Perbedaan
computer AI dengan Proses komputasi Konvensional
Proses
|
Yang
dikerjakan
|
kalkulasi
|
Mengerjakan
operasi-operasi matematis: tambah,kurang,bagi,kali,atau mencari akar.
Menyelesaikan rumus/persamaan
|
Logika
penyimpanan
|
Mengerjakan
operasi logika: “and”,”or”, atau “invert” menyimpan data dan gambar pada file
|
Retrieve
|
Mengakses
data yang disimpan pada file
|
Translate
|
Mengkonversi
data dari satu bentuk ke bentuk yang lain
|
Sort
|
Memeriksa
dat dan menampilakan dalam urutan yang diinginkan
|
Edit
|
Melakukan
perubahan,penambahan,penghapusan pada data.
|
Monitor
|
Mengambil
event external dan internal dan melakuakn tindakan jika kondisi tertentu
tercapai
|
Control
|
Memberikan
perintah atau mengendalikan peralatan diluar
|
Perbandinagn
AI dengan Program Konvensional
Dimensi
|
Artificial
intelligence
|
Pemrograman
konvensioanl
|
Processing
|
Simbolik
|
Algoritmik
|
Input
|
Tidak harus lengkap
|
Harus lengkap
|
Search
|
heuristic
|
Algoritmik
|
Explanation
|
Tersedia
|
Tidak tersia major
|
Struktur
|
Terpisah antara control dan knowledge
|
Control terintegrasi dengan data
|
Output
|
Tidak harus lengkap
|
Harus tepat
|
Maintenance dan update
|
Mudah karena menggunakan modul-modul
|
Umunya susah dilakukan
|
Hardware
|
Workstation dan PC
|
Semua tipe
|
Kemampuan pemikiran
|
Terbatas tetapi dapat ditingkatkan
|
Tidak ada
|